KEWIRAUSAHAAN
PROPOSAL
BUSINESS PLAN
CAFE & RESTO BORNEO
OLEH :
HAIDAR DZUL FAHMI
NIM.
11 651 009
DOSEN
PENGAMPU :
H.
Mat Juri, S.E., M.M
AKUNTANSI
MANAJERIAL
POLITEKNIK
NEGERI SAMARINDA
TAHUN
2014
Kata Pengantar
Puji dan syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT
karena berkat rahmat dan karunia-Nya, para penulis dapat menyelesaikan proposal
kewirausahaan ini tepat pada waktunya. Tak lupa shalawat berangkaikan salam penulis hadiahkan kepada junjungan kita Nabi
Besar Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju zaman yang penuh
dengan ilmu pengetahuan.
Adapun latar belakang penulis membuat proposal Kafe &
Resto Borneo ini. Para Penulis ingin mengucapkan terima kasih kepada
beberapa pihak yang telah membantu dalam rangka penyelesaikan proposal ini, selain itu kerja sama yang baik diantara para penulis membuat proposal ini dapat terselesaikan tepat pada waktu yang
telah ditentukan.
Penulis menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, masih banyak
hal yang kurang dalam penulisan proposal ini. Oleh karena itu, penulis
mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar penulis dapat memperbaikinya.
Harapan penulis, semoga proposal ini dapat bermanfaat dan menjadi sumber ilmu
yang baru bagi kita semua. Amin.
Samarinda,
Mei 2014
BAB I
PENDAHULUAN
1.
Latar Belakang Usaha
Keadaan perekonomian yang tidak pasti di negara
berkembang seperti Indonesia ini membuat mata pencaharian masyarakat tidak
stabil sehingga memaksa masyarakat untuk lebih kreatif lagi dalam membuka
lapangan usaha atau membuka usaha sendiri untuk melangsungkan hidupnya sehingga
pengangguran tidak terlalu meningkat. Berbeda dengan di negara-negara maju
dimana masyarakat seperti kurang waktu untuk menyesaikan semua pekerjaannya.
Kesibukan aktivitas yang begitu padat kadang membuat orang menjadi stress untuk
berfikir lebih jernih dan tenang. Sehingga diperlukan tempat-tempat yang begitu
tenang dan nyaman untuk menghapus semua kejenuhan dan tekanan hidup mereka.
Sehingga muncullah sebuah ide saya untuk mendirikan sebuah CAFE & RESTO
seperti apa yang diinginkan pelanggan.
Segmen
pasar yang diutamakan ialah kaum muda, pelajar dan mahasiswa, pegawai kantor
dan masyarakat umum. Competitive advantage dalam usaha ini adalah differentiation maksudnya yaitu usaha ini merupakan usaha yang
berbeda dari jenis usaha cafe lainnya karena fokus usaha ini adalah pada tempat
hiburan nonton bareng, live music, fasilitas hotspot dan ruang rapat dengan
fasilitas LCD Projector. Segmen pasar
dari usaha ini berbeda dari usaha yang sudah ada sehingga pesaing di usaha ini masih sedikit.
Selain tempat yang nyaman bagi pengunjung
menu-menu yang variatif juga menjadi andalan sebuah caffe dengan sajian menu
yang variatif dan unik. Dengan berbagai jenis minuman yang menjadi menu spesial
CAFE & RESTO ini. Tidak hanya itu di CAFE & RESTO ini juga menyediakan
berbagai jenis makanan ringan dan juga ice cream. Selain itu juga caffe ini
menerima pesan antar Paket Meeting, Gathering, Seminar dan paket yang
lain sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Dengan berbagai kelebihan CAFE &
RESTO ini, tentu Anda tak perlu ragu lagi untuk dapat menikmati suasana yang
menyenangkan dan hidangan yang lezat. Sudah dipastikan menu-menu yang akan Anda
nikmati mempunyai rasa standar kelezatan yang sama bila diolah oleh karyawan
yang berbeda, karena CAFE & RESTO ini mempunyai standart recipes dalam
setiap makanan yang dibuat. Untuk dapat menikmati berbagai hidangan lezat yang
variatif ini, Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena menu-menu ini
sangat relatif terjangkau.
Konsep yang akan saya terapkan adalah konsep
perpaduan antara klasik dan modern sesuai dengan perkembangan zaman. Perpaduan
antara tradisional dan modern serta desainnya yang minimalis, tampak dari sofa
dan beberapa bangku biasa serta mini bar yang mengesankan suasana khas
tradisonal modern. diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan menarik
perhatian pelanggan untuk menikmati suasana CAFE & RESTO tersebut. Kelebihan yang disajikan oleh CAFE &
RESTO ini adalah
menyediakan hotspot untuk mempermudah akses pencarian data sehingga pengunjung
lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaannya sambil menikmati secangkir kopi
yang menyegarkan pikiran. Kemudian CAFE &
RESTO ini juga menyediakan sebuah LCD Projector untuk menonton event-event
pertandingan bola, motor GP dan F1. Ini dapat menarik pelanggan yang bosan
menonton di rumah dan ingin menikmati suasana menonton yang berbeda dan lebih
seru bersama teman-teman. Di CAFE &
RESTO ini terdapat dua ruang yaitu ruang smoking dan no smoking jadi pengunjung
dapat memilihnya. Dengan demikian jika seseorang lebih berfikir kreatif dan
inovatif dapat menciptakan peluang usaha yang baru.
2.
VISI
dan MISI Usaha
a. Visi : Memberikan pelayanan semaksimal mungkin bagi
pengunjung yang datang sehubungan dengan misi.
b. Misi : Menyediakan suatu tempat makan dan ngumpul yang nyaman, dan menyenangkan serta menawarkan berbagai macam cita rasa menu makanan dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan dan tempat yang strategis.
b. Misi : Menyediakan suatu tempat makan dan ngumpul yang nyaman, dan menyenangkan serta menawarkan berbagai macam cita rasa menu makanan dengan harga yang terjangkau oleh semua kalangan dan tempat yang strategis.
3.
Tujuan Usaha
Adapun tujuan dibentuknya usaha ini antara
lain :
a.
Menyediakan tempat makan dan tempat nongkrong
yang asik.
b. Menyajikan menu makanan dan minuman dengan cita rasa yang berbeda.
c.
Menyediakan
tempat rapat dengan suasana yang berbeda.
BAB II
MANAJEMEN PEMASARAN
1.
Gambaran Umum Pasar
a.
Segmentasi
CAFE & RESTO diperuntukkan bagi para muda-mudi, yakni
pelajar, mahasiswa dan juga pekerja kantor, tapi tidak menutup kemungkinan
untuk masyarakat umum yang membutuhkan tempat refreshing yang dapat sekaligus sebagai tempat mengerjakan pekerjaan dengan suasana nyaman
dan santai. CAFE
& RESTO ini dilengkapi dengan fasilitas hotspot,
ruang rapat dengan beberapa paket menu makanan, live musik dan juga
nonton bareng event-event pertandingan bola, motor GP dan F1 yang bosan
menonton di rumah dan ingin menikmati suasana menonton yang berbeda dan lebih
seru bersama teman-teman.
b.
Targeting
Target konsumen CAFE &
RESTO adalah para anak muda, umumnya pelajar dan
mahasiswa, pekerja kantor, termasuk juga masyarakat umum.
c.
Positioning
CAFE & RESTO menawarkan pilihan menu minuman dan
makanan yang istimewa, dengan bahan baku
utama adalah kopi, selain itu juga dilengkapi dengan menu lainnya yang tidak
kalah nikmat dengan harga yang terjangkau serta
pelayanan yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
2. Strategi
Pemasaran Perusahaan dan Pesaing
Strategi pemasaran perusahaan dilakukan
berdasarkan analisa 7P dengan alat analisis SWOT yang terdiri atas :
a. Product (Produk)
CAFE & RESTO menyediakan berbagai produk
minuman dan makanan dengan rasa serta menu istimewa lainnya seperti : aneka juz buah, minuman hangat seperti coffe & chocolate dengan berbagai
rasa, macam-macam ice cream & kue, serta makanan dari makanan berat hingga
ke cemilan.
Penentuan harga dari CAFE & RESTO ditentukan dengan menyesuaikan biaya-biaya yang akan dikeluarkan
serta ditekan sedemikian rupa dan juga disesuaikan dengan tingkat kemampuan
rata-rata konsumen yang menjadi target pasar kami, sehingga harganya dapat
terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Harga setiap produk pun bervariasi
yaitu sebagai berikut:
- Untuk minuman Coffee, berkisar antara : Rp. 10 rb – 18 rb / cangkir
- Untuk minuman Chocolate, berkisar antara : Rp. 13 rb - 15 rb/ cangkir
- Untuk minuman Juz Buah, berkisar antara : Rp. 7 rb – 10 rb /gelas
- Untuk menu Sandwich/Spageti, berkisar antara : Rp. 12 rb /porsi
- Harga Cake/Tart per porsi berkisar antara : Rp. 7 rb -8 rb /porsi
- Harga Ice Cream, berkisar antara : Rp. 8 rb -12 rb /gelas
- Harga Nasi goreng, mi goreng, mie rebus : Rp. 9 rb -15 rb /porsi
Langkah – langkah promosi untuk memperkenalkan cafe
ini dilakukan dengan cara :
1)
Menyebarkan brosur ke kantor, sekolah dan
kampus.
2)
Melalui iklan di surat kabar dan radio.
3)
Melalui baliho dan poster-poster.
Pemasaran yang dilakukan CAFE & RESTO untuk sementara waktu hanya akan berpusat pada kota Samarinda dan sekitarnya.
d.
Place (Lokasi)
Lokasi CAFE & RESTO terletak di jalan Selamet Riyadi, yang merupakan jalan padat lalu lintas yang dilalui
oleh beberapa jurusan angkutan umum, yaitu : Trayek
A : pasar pagi – terminal sungai kunjang – loa bakung – loa buah, Trayek B :
Pusat kota – Jembatan Mahkota, Trayek G1 : Pasar pagi – Harapan Baru – Loa
Janan Ilir, Trayek I : Pelabuhan – Mangkupalas – Samarinda Seberang, Trayek L :
Pasar Pagi – Rapak Dalam – SMA plus. Selain itu di Jalan Slamet Riyadi juga
menyuguhkan pemandang tepian yang menjadi ikon kota samarinda yaitu Samarinda
Kota Tepian.
e.
Process (Proses)
Ada sejumlah proses bisnis yang dilaksanakan oleh CAFE &
RESTO. Pihak eksternal yang terlibat dalam proses bisnis di CAFE &
RESTO adalah :
- Pelanggan (Customer). Pelanggan CAFE & RESTO yang datang untuk membeli produk dan mendapatkan pelayanan.
- Pemasok (Supplier) bahan baku, perlengkapan dan peralatan.
f.
Promise
CAFE & RESTO berusaha menawarkan
makanan dan minuman serta tempat refreshing
yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung.
g. People
Karyawan yang bekerja di CAFE & RESTO bukan hanya terampil tetapi juga terpercya karena recruitment dilakukan dengan selektif. Untuk
meningkatkan kinerja karyawan, CAFE & RESTO juga menjalani serangkaian training sehingga para
karyawan memiliki kemampuan dalam menjalankan usaha.
BAB III
ASPEK ORGANISASI DAN MANAJEMEN
1.
Aspek Organisasi
a. Nama Perusahaan / Usaha
b. Nama Pemilik / Pimpinan
Haidar Dzul Fahmi
c. Alamat kantor dan tempat usaha
Jalan Slamet
Riyadi Sungai Kunjang, Samarinda, Kalimantan Timur 75243
d. Badan Usaha
Jenis badan usaha perusahaan ini adalah Perusahaan Bersama (Terbuka) dimana modal dimiliki oleh banyak orang dengan satu orang bertindak sebagai penanggung jawab dan telah memiliki izin usaha.
e. Struktur Organisasi
Dalam menjalankan
bisnis, maka dibutuhkan beberapa tenaga kerja agar dapat beroperasi dengan
baik. Oleh karena itu manejer atau pemilik CAFE & RESTO telah menyusun suatu struktur organisasi yang
diharapkan dapat menunjang bisnis yang akan dilaksamakan. Pada Tabel 3.1
dan Gambar 3.2 dapat dilihat struktur organisasi dari CAFE &
RESTO :
Tabel 3.1. Jumlah Kebutuhan Karyawan CAFE & RESTO
2. Jabatan, Jumlah staf, Uraian Tugas, dan Penggajian.
1) Analisis Jabatan
Untuk
menjelaskan masing-masing jabatan dalam struktur organisasi, maka diperlukan
suatu uraian pekerjaan sebagai berikut :
a) Nama Jabatan : Pemilik Usaha
Hubungan Organisasi : Dengan karyawan
Ringkasan Pekerjaan : Pemilik usaha adalah pengendali dan pembuat
keputusan tertinggi yang
menyangkut kelangsungan hidup perusahaan
Tugas dan tanggung jawab :
- Membuat perencanaan, strategi, dan kebijakan yang menyangkut operasional perusahaan.
- Menyusun anggaran perusahaan dan program kerja.
- Menjamin operasional CAFE & RESTO secara hukum.
- Melakukan kontrol secara keseluruhan atas operasional CAFE & RESTO.
- Memegang kendali atas keputusan penting yang bersifat umum atau berkaitan dengan masalah regulasi dan finansial.
- Bertanggung jawab dalam memajukan usaha.
- Memegang kunci master seluruh ruangan CAFE & RESTO.
- Menetapkan standar gaji yang diterima oleh pegawai.
- Memutuskan pemberhentian dan promosi jabatan di perusahaan.
- Bertanggung jawab secara hukum atas seluruh kegiatan perusahaan.
Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada pemilik usaha.
Ringkasan Pekerjaan : Bertugas memimpin dan menangani hal-hal yang
berkaitan dengan operasional
perusahaan baik internal maupun eksternal.
Tugas
dan tanggung jawab :
c)
Nama
Jabatan : Koki
- Bertanggung jawab terhadap hal-hal yang menyangkut keuangan perusahaan baik operasional sehari-hari ataupun kebutuhan yang bersifat tidak terjadwal.
- Memanage dan menganalisis laporan keuangan harian, mingguan dan per periode akuntansi.
- Melatih, mengembangkan dan mengkoordinir karyawan agar dapat memenuhi standar perusahaan dalam beroperasi dan melayani pelanggan.
- Memastikan semua prosedur dan standar serta kebijakan perusaaan telah dikomunikasikan secara efektif kepada seluruh karyawan serta dijaga dan diikuti secara konsisten.
- Mengawasi secara umum kegiatan operasional perusahaan.
- Bertanggung jawab atas seluruh aliran dana dalam perusahaan.
- Berwenang mengatasi masalah yang berhubungan dengan penggunaan dana.
Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada manajer
Ringkasan Pekerjaan : Mencampur dan memanggang bahan-bahan sesuai
dengan resep dan juga
membantu sales area manager untuk mengatur operasional
dapur.
Tugas dan tanggung jawab :
- Pengatur strategi produksi. Melakukan rencana strategi produk dan inovasi baru, melibatkan makanan dan stafnya.
- Bertanggung jawab dalam kegiatan mempersiapkan menu sesuai pesanan.
- Memberi masukan pada manajer tentang menu makanan dan minuman baru yang dapat ditawarkan pada konsumen.
d) Nama Jabatan : Barista
Ringkasan pekerjaan : Mencampur dan membuat kopi sesuai resep dan
kemampuan.
Tugas dan
tanggung jawab :
- Mengatur strategi produksi, melakukan rencana strategi produk dan inovasi baru, yang meliputi minuman kopi.
- Bertanggung jawab dalam kegiatan mempersiapkan berdasarkan pesanan.
- Memberi masukan pada manajer tentang menu makanan dan minuman baru yang dapat ditawarkan pada konsumen.
e)
Nama
Jabatan : Pelayan
Hubungan
Organisasi : Bertanggung jawab kepada
koki, barista dan manajer.
Ringkasan Pekerjaan : Menyajikan makanan dan minuman kepada
pelanggan
Tugas
dan tanggung jawab :
- Bertugas melayani keinginan tamu.
- Bertugas sekaligus sebagai cleaning service (mengangkat dan mencuci peralatan makan yang telah digunakan, serta membersihkan areal usaha).
- Bertugas menata kembali meja yang telah digunakan.
f)
Nama
Jabatan : Kasir
Hubungan Organisasi : Bertanggung jawab kepada manajer.
Ringkasan Pekerjaan : Bertanggung jawab terhadap transaksi keuangan
sehari-hari.
g) Nama Jabatan : Satpam
Hubungan Organisasi
: Bertanggung jawab kepada Manajer.
Ringkasan Pekerjaan : Menjaga keamanan dan mengatur area parkir.
2)
Spesifikasi Jabatan
3) Gaji
Penetapan upah/gaji pada CAFE
& RESTO ini menggunakan sistem gaji per bulan, dalam hal ini upah/gaji
akan diberikan per bulan masa kerja. Setelah karyawan bekerja dalam jangka
waktu tertentu akan dipertimbangkan mengenai kenaikan gaji.
a) Pemilik perusahaan 40% dari keuntungan
b) Manajer Rp. 1.500.000
c) Barista Rp. 1.200.000
d) Koki Rp. 1.200.000
e) Pelayan Rp. 800.000
f) Kasir Rp. 800.000
g) Satpam Rp. 600.000
4)
Rencana
Pelatihan yang Diperlukan
Sebelum pembukaan CAFE & RESTO ini akan dilakukan pelatihan terhadap seluruh
karyawan yang meliputi hal-hal sebagai berikut :
a) Kebijakan usaha tentang pelanggan dan standar pelayanan usaha yang akan
diberikan.
b) Pelatihan mengenai cara pelayanan,
keramahan dan cara berpakaian sopan dan rapi.
c) Standar cita rasa makanan dan hidangan pencuci mulut bagi koki.
d) Prosedur pembukuan, laporan keuangan bagi manajer.
3)
Rencana Pembagian Jadwal Kerja
CAFE
& RESTO akan beroperasi selama tujuh hari dalam seminggu. Untuk
itu diperlukan pembagian jadwal pegawai, dimana koki, barista, pelayan, kasir dan satpam.
3.
Jenis-Jenis Perijinan yang Diperlukan
Untuk mendapatkan legalitas
usaha, maka organisasi harus mendapatkan perizinan dalam melakukan operasinya.
Prosedur pendirian Perusahaan
Perorangan adalah sebagai berikut :
a.
SIU (Surat Izin Usaha)
Pengurusan surat izin usaha ini dilakukan di Balai Kota
Samarinda
b.
SITU (Surat Izin Tempat Usaha)
Pengurusan surat izin usaha ini dilakukan di Balai Kota
Samarinda
c.
NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
Pengurusan surat izin usaha ini dilakukan dikantor
Pajak
BAB IV
RENCANA
PRODUKSI
1.
Keunikan Produk
CAFE & RESTO menyediakan suatu tempat makan dan ngumpul
yang nyaman, dan menyenangkan serta menawarkan berbagai macam cita rasa kopi, es krim dan makanan lainnya, dengan harga yang terjangkau oleh semua
kalangan dan didukung oleh tempat yang strategis. Aneka menu yang tersedia di
café ini antara lain :
-
Untuk
minuman
Coffee shake, cappucino, coffee honey, vanila late ekspresso,
chocolate beberapa macam juice, dan
aneka minuman lainnya.
-
Untuk
makanan
Spageti, Nasi goreng seafood, Sosis ayam goreng, kentang goreng keju mayones, dan aneka menu lainnya.
Keunggulan dalam hal cita rasa juga tidak terlepas dari
keahlian koki yang kami miliki dalam mengolah bahan makanan menjadi suatu
hidangan yang istimewa, unik dan lezat. Disamping juga kami selalu up to date pengetahuan akan menu-menu
baru yang banyak bermunculan.
2.
Fasilitas dan
Peralatan
Fasilitas yang dimiliki oleh CAFE &
RESTO adalah sebuah rumah. Pada bagian dalam rumah terdapat ruang makan dengan
kapasitas 48 orang yang
terbagi didalam dan diluar ruangan. Kelebihan yang disajikan oleh cafe ini adalah menyediakan
hotspot untuk mempermudah akses pencarian data sehingga pengunjung lebih mudah
dalam menyelesaikan pekerjaannya sambil menikmati secangkir kopi yang
menyegarkan pikiran. Disini juga diadakan acara nonton bareng untuk event-event tertentu seperti, pertandingan bola, motor GP, dan
F1. Cafe ini juga
menyediakan sebuah 2 ruang
yaitu 1 ruangan khusus area no smoking dan 1 ruangan lagi adalah area smoking.
3.
Proses Produksi
Proses pengolahan makanan dan minuman pada cafe ini dikerjakan oleh dua orang koki setiap kali ada pesanan. Bahan
baku yang digunakan diantar oleh suplier
berdasarkan daftar pesanan yang telah dibuat oleh koki sebelumnya. Bahan baku yang digunakan berkualitas. Sehingga cita rasa masakan yang dihasilkan
nantinya akan lebih nikmat. Proses pengolahan minuman dan makanan dilakukan tiap kali ada pesanan sehingga makanan
disajikan dalam keadaan baru dan segar.
BAB V
ASPEK KEUANGAN
1.
Biaya
Rekapitulasi Biaya Tahunan
2.
Perhitungan Netto Margin
3.
Perhitungan
prediksi penjualan
4.
Perhitungan Pay
Back Period (PBP)
PBP
= 394,863,300 / 626,076,000 x 12 = 7.56
0.01
x 30 hari = 0.3 hari
PBP
= pada tahun ke 2 Bulan ke 7
Untuk power point silahkan klik yg dibawah ini :
nice post, thanks for sharing....
BalasHapusAlat Bantu Sex
Alat Bantu Pria
Alat Bantu Wanita
buat persentasi nya menggunakan software apa gan ?
BalasHapusbantu jawab, pake prezi gan
Hapusmakasih ya gan conto bisnis plan cafe nya, sangat membantu.
BalasHapusGood
BalasHapusPermit me to introduce you to LE-MERIDIAN FUNDING SERVICES. We are directly into pure loan and project(s) financing in terms of investment. We provide financing solutions to private/companies seeking access to funds in the capital markets i.e. oil and gas, real estate, renewable energy, Pharmaceuticals, Health Care, transportation, construction, hotels and etc. We can finance up to the amount of $900,000,000.000 (Nine Hundred Million Dollars) in any region of the world as long as our 1.9% ROI can be guaranteed on the projects.
BalasHapusLe-Meridian Funding Service.
(60 Piccadilly, Mayfair, London W1J 0BH, UK) Email Email Contact....lnfo@lemeridianfds.com
tampilan blog-nya sangat menarik Kak, pembahasannya juga sangat lengkap. terimakasih telah menulis dan berbagi artikel menarik yang penuh ilmu, sangat bermanfaat...
BalasHapusAplikasi Kasir Restoran Android
MAKASIH KAK, COCOK BUAT ORANG YANG MAU BUKA USAHA KAFE
BalasHapusThanks sangat bermaanfaat bro
BalasHapus